Top
MA Negeri 1 Samarinda

Telp. 0541742909

Workshop E-Learning Madrasah Dan Inovasi Pembelajaran Bagi Pendidik Dan Tenaga Pendidikan MAN 1 Samarinda

Workshop E-Learning Madrasah Dan Inovasi Pembelajaran Bagi Pendidik Dan Tenaga Pendidikan MAN 1 Samarinda

MAN 1 menggelar workshop e-learning madrasah dan inovasi pembelajaran bagi pendidik dan tenaga pendidikan (PTK) di Aula MAN 1 dan melalui daring, Rabu-Senin (15-20/7). Kegiatan ini digelar untuk mempersiapkan pembelajaran tahun ajaran baru 2020/2021 dan adanya beberapa perubahan di tahun ini seperti perubahan struktur kurikulum, perubahan KMA 165 tahun 2014 ke KMA 185 tahun 2019 dan KMA 117 tahun 2014 ke KMA 184 tahun 2019.

Kegiatan yang diikuti 75 pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 dibuka Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim Sofyan Noor, serta menghadirkan narasumber diantaranya Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kaltim Hakimin, Kabag TU Kanwil Kemenag Kaltim Mohlis, Kasi Kurev MA/MAK Direktorat KSKK Ditjen Pendis Kemenag Suwardi, pakar IT E-learning Madrasah Suliyat dan pakar IT Pembelajaran Berbasis Digital Sujianto.

Kepala MAN 1 Ummi Puji Astutik didampingi Waka Humas Ruslan, mengatakan adanya perubahan pembelajaran tersebut lebih terhadap penyempurnaan struktur kurikulum. Dijelaskan pula di KMA 184 ini madrasah lebih diberi keleluasaan untuk mengelola pembelajaran dan berinovasi.

Selain perubahan struktur kurikulum, juga adanya perubahan kondisi. Jika di tahun-tahun sebelumnya setiap tahun ajaran baru pembelajaran sistem normal bisa tatap muka, tetapi di tahun ini mengalami pandemi Covid-19 sehingga menggunakan sistem pembelajaran dari rumah atau belajar dalam jaringan.

“Jadi melihat kondisi perubahan ini, maka mengawali tahun ajaran baru MAN 1 plus keterampilan mengadakan kegiatan ini sebagai bekal untuk pendidik dan tenaga kependidikam bagaimana menjalankan tugasnya di tahun masa pandemi ini terkait dengan struktur kurikulum, metode pembelajaran, bagaimana inovasi-inovasi yang harus dilakukan di tahun ajaran 2020/2021,” katanya.

Bertajuk workshop e-learning madrasah karena sesuai sarana pembelajaran online adalah e-learning madrasah. E-learning tersebut termonitor langsung oleh Kemenag. Sehingga narasumber kali ini salah satunya dari pakar IT dari Direktorat KSKK RI termasuk Kasi Kurikulum dan Evaluasi Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag.

MAN 1 beberapa waktu lalu telah melakukan launching e-learning pada April dan masih perlu penyempurnaan dan telah mempunyai aplikasi tersebut. “Hari ini yang kita lakukan adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi para guru. Karenanya dengan pelatihan ini diharapkan pemahaman para guru terkait aplikasi e-learning akan lebih mumpuni karena termonitor Kementerian Agama. Termasuk absensi siswa, materi pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Dengan situasi seperti ini dan perkembangan zaman yakni zaman digital, pembelajaran berbasis digital. Harapannya para pendidik dan tenaga kependidikan dapat meningkatkan kompetisinya, disiplin kinerja,” paparnya.

Ummi menyebutkan dalam workshop ini tidak hanya terkait kompetensi e-learning dan inovasi pembelajaran saja yang diberikan kepada para peserta, tetapi diselipkan motivasi dan semangat dalam disiplin kerja. Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor mengapresiasi workshop yang diadakan MAN 1 terutama di masa pandemi seperti saat ini. Serta setiap lembaga pendidikan perlu melakukan berbagai inovasi positif seperti penggunaan berbagai aplikasi dalam pembelajaran, dan menguasai IT itu sangat penting.

“Saya kira setiap gerak langkah lembaga pendidikan harus lebih agresif, lebih cepat, memahami situasi dan kondisi pada masa pandemi. Jadi workshop e-learning madrasah ini sangat tepat di masa saat ini khususnya berkaitan dengan e-learning. Situasi saat ini kan kita belajar dari rumah melalui daring. Dan ini salah satu metode untuk bagaimana kita bisa melaksanakan pembelajaran dirumah,” ungkapnya.

Ia menilai gagasan dari kepala madrasah beserta wakil dan para guru di MAN 1 ini sangat tepat sehingga dapat diikuti pihak lain. “Disamping pembelajaran yang diharapkan yakni adanya hasil atau produk inovasi-inovasi yang bisa memberikan nuansa, gairah ataupun daya tarik masyarakat untuk mengambil hasil produk dari MAN 1 ini,” tuturnya.

Partner :
Telp. 0541742909