Top
MA Negeri 1 Samarinda

Telp. 0541742909

PEMBELAJARAN DARING, IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT DALAM MASA PANDEMI COVID 19 DI MAN 1 SAMARINDA

PEMBELAJARAN DARING, IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT DALAM MASA PANDEMI COVID 19 DI MAN 1 SAMARINDA

Sebagaimana kita ketahui, letak geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya terdapat perbedaan di masing-masing daerah, sehingga perlu adanya keseragaman persepsi dalam merumuskan regulasi untuk mencapai solusi, terutama di masa pandemic Covid 19, termasuk solusi agar kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan baik di tengah kondisi darurat apapun.

Untuk memenuhi kondisi tersebut, MAN 1 samarinda melakukan kegaitan belajar jarak jauh, baik itu melalui elearning madrasah, menyediakan buku pelajaran elektronik, membuat video, media, dan modul pembelajaran yang dilakukan secara daring, serta menggunakan aplikasi lain yang mudah digunakan peserta didik. Pembelajaran di rumah tetap diusahakan memenuhi tuntutan kompetensi (KI-KD) pada kurikulum, tetapi lebih ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiyah, kemandirian, dan kesalehan social lainnya.

Pembelajaran berpedoman pada panduan kurikulum darurat yang telah diterbitkan Kemenag RI, dengan demikan pembelajaran madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan siswa, serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh siswa madrasah baik pada masa pemberlakuan PSBB maupun pada saat penerapan new normal. Siswa setiap harinya hanya akan fokus pada materi esensial 2 mapel pasangan dari Mata Pelajaran Utama dan  Pengembangan Diri  ataupun Peminatan serta kerampilan, yang tentunya akan menumbuhkembangkan kompetensi literasi Bahasa, literasi matematika, literasi sains, literasi media, literasi teknologi, dan literasi visual. Mapel lainnya diberikan dalam bentuk tugas mandiri. Hal ini juga sebagai upaya agar siswa tidak terlalu terforsir fokus didepan laptop atau HP untuk mengikuti pembelajaran daring sehingga siswa tidak jenuh, stamina dan kesehatan tetap terjaga.

Interaksi guru dan siswa MAN 1 Samarinda berjalan dua arah, dengan prinsip siapa saja guru, siapa saja adalah siswa, dan dimana saja adalah kelas. Aktivitas pembelajaran madrasah pada masa pandemi Covid berpedemoman pada Kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/ 2020 yang akan berakhir pada 20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/ 2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020.

Ummi Puji Astutik, selaku kepala madrasah, selalu memfasilitasi, memotivasi, dan mendampingi guru untuk optimal mewujudkan kreativitas dan inovasinya dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang bermakna pada kehidupan peserta didik. Komitmen seluruh stekholders MAN 1 Samarinda menjadi prasyarat dalam mengimplementasikan kurikulum darurat di madrasah, kegiatan pembelajaran tetap berjalan meski dalam masa pandemi corona dan tetap semangat dalam menuju madrasah hebat bermartabat. Semoga wabah ini segera berlalu.

Partner :
Telp. 0541742909